Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Pendahuluan

Surat lamaran kerja menjadi salah satu hal penting dalam mencari pekerjaan. Dalam surat ini, pelamar dapat mengungkapkan minatnya terhadap posisi yang diinginkan dan memberikan gambaran mengenai kualifikasi dan pengalaman yang dimiliki. Sebuah surat lamaran kerja yang baik dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan panggilan wawancara.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan mengenai cara membuat surat lamaran kerja yang efektif dan menarik perhatian perusahaan yang dituju. Anda akan mendapatkan panduan langkah-demi-langkah dan tips-tips penting yang dapat membantu Anda dalam menyusun surat lamaran yang berkualitas.

Berikut ini adalah 7 paragraf penjelasan mengenai cara membuat surat lamaran kerja yang baik:

1. Menentukan Posisi yang Dilamar

Saat menulis surat lamaran kerja, pastikan Anda menuliskan dengan jelas posisi yang Anda lamar. Ini penting untuk memastikan bahwa surat lamaran tersampaikan kepada departemen atau divisi yang tepat dalam perusahaan. Selain itu, menyebutkan posisi yang dilamar juga memperlihatkan keseriusan Anda dalam melamar pekerjaan.

2. Informasi Kontak

Setelah menentukan posisi yang dilamar, langkah selanjutnya adalah menyertakan informasi kontak Anda. Pastikan mencantumkan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email yang aktif. Perusahaan akan menggunakan informasi ini untuk menghubungi Anda jika Anda terpilih untuk melanjutkan proses seleksi.

3. Salam Pembuka

Surat lamaran kerja biasanya dimulai dengan salam pembuka yang formal, seperti “Kepada Yth.” atau “Kepada Bagian SDM”. Pada salam pembuka ini, Anda juga sebaiknya menyebutkan nama perusahaan yang Anda tuju. Hal ini menunjukkan bahwa surat lamaran Anda ditujukan secara spesifik kepada perusahaan tersebut.

4. Penjelasan Mengenai Diri Anda

Setelah salam pembuka, Anda dapat melanjutkan dengan memberikan penjelasan mengenai diri Anda. Sampaikan informasi penting mengenai pendidikan terakhir, pengalaman kerja terkait, dan keterampilan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Pastikan informasi yang Anda berikan relevan dan menarik perhatian.

Baca Juga  Cara Screenshot di Komputer

5. Menjelaskan Alasan Melamar

Dalam surat lamaran kerja, penting bagi Anda untuk menjelaskan alasan Anda memilih perusahaan tersebut dan posisi yang Anda lamar. Sampaikan mengapa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut dan bagaimana kualifikasi dan pengalaman Anda dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

6. Mengungkapkan Motivasi dan Ambisi

Selain menjelaskan alasan melamar, Anda juga dapat mengungkapkan motivasi dan ambisi Anda sebagai calon karyawan perusahaan. Sampaikan keinginan Anda untuk berkembang dan berkontribusi dalam jabatan yang Anda lamar. Hal ini dapat menunjukkan komitmen Anda dalam mengisi peran yang diinginkan.

7. Penutup yang Sopan

Terakhir, pastikan untuk menutup surat lamaran Anda dengan kalimat yang sopan dan mengucapkan terima kasih atas perhatian perusahaan. Berikan informasi kontak Anda sekali lagi agar perusahaan dapat dengan mudah menghubungi Anda jika diperlukan. Tutup surat dengan menyertakan salam penutup seperti “Hormat Saya” atau “Yang Menyampaikan Salam”

Kelebihan dan Kekurangan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu pula dengan cara membuat surat lamaran kerja. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari cara membuat surat lamaran kerja:

Kelebihan

1. Membuat surat lamaran kerja yang rapi dan formal dapat memberikan kesan profesional kepada pihak perusahaan.
+ :briefcase:

2. Dengan susunan paragraf yang terstruktur, peluang untuk menyampaikan informasi dengan jelas dan singkat meningkat.
+ :pencil2:

3. Penggunaan bahasa yang formal dan sopan dapat meningkatkan kesan bahwa pelamar adalah orang yang serius dan memperhatikan detail.
+ :necktie:

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan mengenai cara membuat surat lamaran kerja yang efektif dan menarik perhatian perusahaan. Dengan mengikuti panduan langkah-demi-langkah dan menggunakan tips-tips yang diberikan, Anda dapat menyusun surat lamaran yang berkualitas untuk meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Baca Juga  Cara Kirim Pulsa Indosat dengan Mudah dan Cepat

Frequently Asked Questions (FAQ)

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana format penulisan surat lamaran kerja yang benar? ………………..
Apa informasi yang harus saya cantumkan dalam surat lamaran kerja? ………………..
Apakah surat lamaran kerja harus ditulis dalam bahasa Inggris? ………………..
Berapa halaman surat lamaran kerja yang ideal? ………………..
Apakah saya perlu menyertakan riwayat hidup dalam surat lamaran kerja? ………………..
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menulis surat lamaran kerja? ………………..
Harus kah saya menyertakan fotokopi ijazah dalam surat lamaran kerja? ………………..

Aksi Sebelum Menutup

Setelah membaca panduan lengkap mengenai cara membuat surat lamaran kerja, ada baiknya Anda segera mengaplikasikannya dan mencoba menulis surat lamaran yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Jangan ragu untuk terus belajar dan memperbaiki kemampuan Anda dalam menulis surat lamaran kerja, karena hal ini dapat mempengaruhi kesan pertama perusahaan terhadap Anda. Semoga sukses!

Kata Penutup

Pembaca yang terhormat, informasi yang disampaikan dalam artikel ini merupakan panduan yang perlu Anda ikuti dalam menyusun surat lamaran kerja yang baik. Namun, pastikan juga untuk mempelajari informasi lebih lanjut mengenai perusahaan yang Anda lamar, mempersiapkan diri dengan baik sebelum wawancara, dan menyesuaikan surat lamaran Anda sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Keberhasilan Anda dalam mendapatkan pekerjaan tidak hanya ditentukan oleh surat lamaran kerja, tetapi juga oleh kualifikasi, pengalaman, dan kemampuan yang Anda miliki. Selamat mencoba!