Supaya Cinta Langgeng, Begini Cara Memperbaiki Komunikasi Suami Istri

Cara Memperbaiki Komunikasi Suami Istrimytv.co.id – Komunikasi melibatkan dua elemen yang seimbang antara berbicara dan mendengarkan. Jika salah satu hanya mendengarkan atau berbicara saja, maka komunikasi tidak terjadi. Membiasakan diri berkomunikasi dengan baik secara dua arah memang tidak mudah. Namun, setiap pasangan dapat menjaga kelanggengan cintanya selama dapat melakukan cara memperbaiki komunikasi suami istri seperti ini.

Cara Memperbaiki Komunikasi Suami Istri

Menjadikan Konflik Masalah Menjadi Partner Kerjasama Untuk Mencari Solusi

Setiap masalah selalu ada saja solusinya. Jangan jadikan masalah sebagai pemicu pemecahan.

Justru, jadikan pasangan menjadi partner dalam mencari solusinya. Masalah dalam perbedaan merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, hal ini jangan sampai menjadi konflik yang besar.

Jadikan konflik masalah sebagai tantangan dalam mencari solusi selanjutnya. Antar pasangan perlu menjadi satu tim partner yang baik bukan saling menyalahkan. Apabila masalahnya hanya perbedaan pendapat, salah satu harus mengalah dan mencari jalan tengahnya.

Mendengarkan Pendapat antar Pasangan Sampai Selesai

Mendegarkan pendapat antar pasangan juga menjadi solusi yang baik. Ini merupakan cara memperbaiki komunikasi suami istri secara tepat. Pendapat yang saling bertentangan tidak sampai menjadi masalah besar apabila salah satu pasangan mendengarkan pendapatnya dengan baik.

Kembali lagi pada istilah komunikasi. Setelah pasangan memberikan kesempatan untuk mendengar pendapat anda sampai selesai, anda juga berhak memberikannya kesempatan berbicara sampai selesai. Tentunya hal ini akan menjadi komunikasi yang baik antar pasangan. Biarkan antar pasangan saling mengutarakan pendapatnya. Redam perasaan kesal dan kemarahan anda untuk menjaga komunikasi yang baik.

Saling Jujur dan Terbuka pada Sesama Pasangan

Selain komunikasi yang baik, bersikap jujur dan terbuka merupakan hal yang perlu anda lakukan. Meskipun terkadang jujur sangat menyakitkan, apapun risikonya perlu anda terima dengan lapang dada. Namun, kejujuran perlu menjadi komitmen antara dua belah pihak.

Apabila tidak ada yang berani mengambil kejujuran antara dua belah pihak, lakukan dengan melakukan permainan. Misalnya, membuat permainan semacam kartu merupakan cara memperbaiki komunikasi suami istri yang menarik. Ajak pasangan ke kafe dan mulai permainanannya.

Baca Juga  Cara Menggunakan Google AdWords

Jika kalah, salah satu pasangan harus berkata jujur apapun itu. Jika kejujuran membuat salah satu pasangan kecewa atau sedih, berikan solusinya. Berkomitmen untuk tidak mengulanginya lagi dan lanjutkan permainan yang lebih menyenangkan.

Saling Menghargai dalam Berkomunikasi, Bukan Menghakimi

Saling menghargai dalam berkomunikasi merupakan cara memperbaiki komunikasi suami istri selanjutnya. Penghargaan dalam hal ini adalah berusaha menjadi sudut pandangnya untuk mengambil jalan tengah. Sikap saling menghargai juga perlu dari kedua belah pihak.

Memberikan waktu untuk mendengarkan dan berbicara adalah yang baik. Hindari sikap menghakimi untuk mempertahankan kebenaran pendapat anda. Walaupun anda benar, namun jangan bertindak menghakimi dan menyalahkan suami atau istri. Bersikaplah secara bijak dan dewasa agar dapat mengambil jalan tengah antara dua pihak.

Hindari Memperbaiki Komunikasi hanya Lewat Pesan Singkat

Hal yang perlu anda hindari adalah mempebaiki komunikasi melewati chat, pesan dan email. Bentuk komunikasi lewat panggilan, dan teks dapat menimbulkan sesuatu yang tidak anda inginkan. Teks tidak dapat menggambarkan emosi seseorang baik-baik saja atau tidak.

Menyampaikan sesuatu hal yang sangat penting lebih tepat melalui tatap muka secara langsung. Dengan begitu, antar pasangan dapat memahami perasaan dan ekspresi secara jelas.

Hindari Saling Menyalahkan.

Meskipun pasangan anda melakukan kesalahan, jangan mengungkitnya lagi. Jika anda ingin membahasa tentang kesalahan yang pernah terjadi bersama. Misalnya, “Maaf seandainya saya tidak melakukannya, kamu pasti juga tidak mengalami hal seperti ini.” Jadi, awali dengan minta maaf pada kesalahan yang anda alami. Dengan begitu, pasangan yang mengerti akan melakukan hal yang sama.

Namun, jangan terlalu lama membahas kesalahan. Carilah solusi secara bersama-sama agar tidak terjadi kesalahan yang sama. Jangan membahas kesalahan pasangan terlalu besar karena hal ini membuatnya merasa terintimidasi. Lakukan perencanaan hubungan ke depannya supaya lebih baik lagi.

Baca Juga  Cara Pasang Iklan Youtube

Jangan Membanding-bandingkan dengan Orang Lain

Cara memperbaiki komunikasi suami istri yang paling penting adalah tidak membanding-bandingkan dengan orang lain. Tidak melibatkan pasangan lain atau mantan adalah hal yang paling baik. Salah satra untuk menghindari hal ini adalah tidak melibatkan pasangan lain dalam hal ini. Jangan sekali-kali mengatakan “Tidak seperti pasangan ini, kita harusnya seperti mereka.”

Tanamkan keyakinan antar pasangan bahwa anda dapat membangun cinta dengan cara sendiri. Setiap pasangan memiliki cara sendiri dalam menyelesaikan solusinya. Selain itu, antar pasangan juga memiliki masalah yang berbeda-beda. Bahkan, memiliki sudut pandang yang berbeda pada setiap pasangan. Jadi, jangan sekali-kali membandingkan agar sama dengan pasangan orang lain.

Berhenti Melakukan Asumsi Berlebihan

Berhenti melakukan asumsi berlebihan secara terus-menerus. Tidak semuanya sesuai dengan asumsi yang kita pikirkan. Menuruti asumsi sama halnya dengan menuruti sebuah ego. Jangan berpikir berlebihan pada suatu hal yang tidak sesuai dengan kenyatannya. Boleh saja berasumsi,namun kembali pada pemikiran yang sesuai realita.

Asumsi berlebihan seperti takut jika pasangan membenci, selingkuh, mencintai orang lain. Hal ini terkadang wajar apabila pasangan melakukan gelagat yang tidak biasa. Namun, ajaklah sewaktu-waktu untuk bisa berkata jujur.

Anda boleh memancingnya dengan sebuah permainan, merfleksikan masa lalu atau menceritakan sesuatu. Jika pasangan masih saja tidak ingin berbicara secara terbuka, jangan paksakan. Buatlah perlahan-lahan agar pasangan dapat berkomunikasi secara jujur dan sukarela terbuka.

Hindari Istilah “Wanita Selalu Benar” dalam Komunikasi

Tidak ada istilah wanita selalu benar dan lelaki selalu mengalah. Jangan ungkit masalah gender apabila menemukan perbedaan pendapat. Definisi wanita selalu benar menggambarkan jika wanita selalu egois. Faktanya, baik lelaki maupun perempuan sama-sama memiliki ego yang tinggi dalam situasi tertentu. Hanya saja, salah satu ada yang mengambil jalan lain untuk mengalah.

Baca Juga  Cara Mengaktifkan Fitur OK Google

Yakinkan pada pasangan bahwa membangun komunikasi untuk mengambil solusi dan jalan tengah. Komunikasi akan buruk saat tujuannya ingin membenarkan pendapat masing-masing.

Berdiskusi antar pasangan bukan untuk memperlihatkan siapa yang benar dan salah. Tapi, menunjukkan sikap yang bijak dalam menentukan solusinya. Menjadi partner serta berkolaborasi merupakan keputusan terbaik untuk mencari kebenaran bersama-sama.

Ajak Komunikasi dengan Makan Bersama

Cara memperbaiki komunikasi suami istri yang paling menyenangkan adalah mengajaknya makan bersama. Situasi akan nyaman ketika perut sudah kenyang. Jadi, sebelum membahas suatu permasalahan yang serius, ajak pasangan makan bersama. Biarkan anda dan pasangan makan sampai kenyang terlebih dahulu. Kenyang tidak harus membiarkannya makan banyak.

Setelah semuanya sudah cukup kenyang, and boleh memulai pembicaraan yang ringan dahulu. Berikan suatu kondisi untuk memantik pertanyaan pada pasangan anda. Setelah itu, anda bisa membahas masalah tersebut secara serius. Gunakan kata-kata yang bijak dan tidak menyalahakan salah satu.

Sisipkan humor untuk memperbaiki komunikasi supaya komunikasi menjadi lebih hangat dan harmonis.

Begitulah cara- cara memperbaiki komunikasi suami istri. Semoga informasi ini semakin memperat hubungan cinta anda dengan pasangan.