Cara Menjaga Cinta agar Tetap Utuh

Mytv – Menikah bukan hanya sekedar terikat dalam ikatan suci dan sah aja. Hubungan ini membutuhkan komunikasi dan komitmen. Salah satu melakukan komunikasi yang baik dan salsalah satu memegang komitmennya, begitu juga sebaliknya. Berikut beberapa cara menjaga cinta agar tetap utuh sehingga terhindar dari pertengkaran dan perceraian.

Saling Menepati Janji Satu Sama Lain

Cara menjaga cinta agar tetap utuh yang pertama adalah selalu berkomitmen. Salah satu bentuk komitmen yang paling sederhana adalah menepati janji satu sama lain. Janji suci dalam ikatan pernikahan seperti ini adalah menerima pasangan baik suka dan duka. Jadi, dalam kondisi apapun antar pasangan harus saling memahami.

Namun, berkomitmen dalam pernikahan tidak harus membuat perjanjian satu sama lain. Jika anda bukan termasuk orang yang termasuk menepati janji, lebih baik jangan melakukannya. Hal ini termasuk upaya dalam menghindari pengingkaran janji.

Ada konsukuensi yang perlu anda lakukan jika sudah terlanjur berjanji. Daripada membuat pasangan marah dan jengkel ketika tanpa sengaja mengingkarinya, lebih baik jangan.

Menghindari Ego antar Satu Sama Lainnya

Ego merupakan sifat dasar manusia. Tidak semua ego berifat negatif. Namun, anda perlu mengendalikan ego masing-masing antar pasangan. Ego yang teralu besar dan tak terkendali menyebabkan hubungan antar pasangan semakin retak. Apabila salah satu pasangan memiliki ego yang lebih tinggi, maka salah satu harus mengalah.

Beginilah cara menjaga cinta agar tetap utuh supaya tidak terjadi pertengkaran dan perselisihan. Jadi, salah satu pencegahan perceraian adalah dengan menjaga ego masing-masing agar tetap terkendali.

Melakukan Waktu Liburan Bersama dengan Pasangan

Nah, untuk mengendalikan ego dan emosi satu sama lain. Melakukan waktu liburan bersama pasangan merupakan pilihan yang tepat. Pada momen seperti inilah, anda dan pasangan dapat mengutaran semua pendapat. Selain itu, antar pasangan juga dapat saling merefleksi pada terhadap pencapaian pada pasangan.

Baca Juga  Cara Membuat Akun Google Bisnis

Liburan tidak harus ke tempat mahal dan berkelas. Yang terpenting adalah melakukan liburan di tempat-tempat yang berkesan. Anda bisa mengajak pasangan berlibur ke tempat-tempat terdekat dari rumah.

Lakukan kegiatan yang menyenangkan seperti bersepeda keliling rumah, berjalan-jalan pagi dan menikmati waktu foto bersama. Hal ini tentu menjadi momen menyenangkan bagi anda berdua bukan.

Menyempatkan Makan Berdua

Masih membahas tentang tips dan cara menjaga cinta agar tetap utuh. Selain jalan-jalan, anda bisa ajak pasangan untuk makan berdua. Ada penyataan yang mengatakan bahwa pembicaraan tidak akan berjalan dengan baik jika perut masih dalam keadaan lapar semuanya.

Oleh karena itu, mengajak makan dengan pasangan merupakan pilihan yang paling tepat untuk menceritakan semua perasaan. Sambil makan di tempat yang paling sejuk dan indah, anda bisa bercerita apapun. Dalam kondisi seperti ini, di jamin pasangan anda akan merasa nyaman, begitu juga anda.

Memiliki Toleransi terhadap Perubahan Fisik, Emosi, dan Suasana

Perubahan fisik, emosi dan suasana hati pada pasangan adalah hal biasa. Antar pasangan perlu memahami hal ini setelah melakukan pernikahan. Kedua belah pihak harus sama-sama siap menghadapi perubahan seperti ini. Hal ini karena mood pasangan tidak menentu.

Anda jangan mengharapkan karakter pasangan sama ketika saat berpacaran dahulu. Ketika pacaran, anda masih memahami karakter pasangan secara umum saja. Ini karena durasi bertemu pasangan ketika pacaran hanya dalam momen tertentu saja.

Berbeda dengan pernikahan, anda akan bersama dengan pasangan dalam kurun waktu selama-lamanya dan setiap saat. Jadi, antar pasangan harus siap mengetahui watak dan karakternya yang mungkin tidak sepemahaman. Bicarakan secara terbuka apabila merasa tidak cocok.

Melakukan Komunikasi secara Terbuka

Selain memahami terhadap perubahan situasi dan fisik, pahami perbedaan prinsip melalui saling berkomunikasi. Seperti yang telah anda tahu sebelumnya, cara menjaga cinta agar tetap utuh adalah dengan bersikap saling terbuka. Jadi, dengan melakukan informasi yang terbuka dan jujur, pasangan semakin tenang.

Baca Juga  Cara Membuat Kue Ulang Tahun: Resep dan Panduan Lengkap untuk Membuat Hidangan Manis yang Tidak Terlupakan

Lakukan komunikasi dengan baik dan tidak terkesan emosional. Berikan pujian pada pasangan yang sudah memberikan sesuatu yang terbaik. Supaya cinta tetap utuh, jangan membahas apapun tentang mantan.

Tidak Menungkit Kesalahan antar Pasangan yang Sudah Terjadi

Tidak mengungkit kesalahan antar pasangan yang sudah terjadi. Tentu kesalahan ini sudah terjadi dan tidak perlu membahasnya kembali. Membahas kesalahan pasangan yang sudah terlanjur, dapat merusak suasana atau mood.

Alangkah lebih baik jika membahasa rencana pasangan ke depannya. Agar tidak mengulang kesalahan yang sama, anda boleh merefleksikan kesalahan yang pernah anda lakukan pada pasangan. Dengan begitu, pasangan anda kemungkinan juga akan melakukan hal yang sama. Namun, anda jangan mengharapkan pasangan membahasa kesalahan yang sudah terjadi.

Setelah merefleksikan semua permasalahan yang telah terjadi, berikan solusi ke depannya. Jangan membahas kesalahan lebih lama lagi, fokus pada ke depannya agar menjalani cinta yang lebih baik.

Menyempatkan Waktu untuk Bersenda Gurau Bersama

Cara menjaga cinta agat tetap utuh berikutnya adalah menyempatkan diri agar bersenda gurau bersama. Waktu bersenda gurau merupakan waktu yang asyik dan menghibur. Manfaatkan waktu dengan baik. Jika anda memiliki selera humor yang tinggi, justru ini kelebihan yang sangat bagus.

Setelah membicarakan topik yang cukup serius, ajak pasangan untuk bersenda gurau. Lupakan semua masalah dan kesalahan yang pernah terjadi. Berikan topik yang menarik pada pembicaraan yang ada. Berikan waktu sejenak untuk bersenda gurau agar tumbuh lagi perasaan senang.

Tidak Membandingkan Pasangan dengan Orang Lain atau Mantan

Tidak membandingkan pasangan dengan orang lain. Jangan sekali-kali membahas pasangan orang lain. Hal ini tentu dapat merendahkan harga diri anda dan pasangan.

Baca Juga  Cara Pasang Iklan di Video YouTube

Ketahui bahwa setiap pasangan memiliki caranya sendiri dalam mempertahankan cintanya. Anda boleh meniru kebaikan dari pasangan lain, tapi jangan membandingkan, atau bahkan menyamakan secara persis.

Hal yang menyakitkan adalah membandingnkan pasangan dengan seorang mantan. Pastikan pada kekasih bahwa antar pasangan tidak membandingkannya dengan mantan. Namun, apabila pasangan tanpa sengaja bercerita tentang mantan, biarkan ia menceritakan sampai selesai. Selanjutnya, alihkan perhatian pada pembicaraan yang berfokus pada hubungan anda berdua. Kasih candaan bahwa andalah yang berhak menjadi kekasih untuk dia selamanya.

Mengulang Masa-masa Indah ketika Pertama Kali Bertemu

Mengulang masa-masa indah ketika pertama kali bertemu merupakan cara menjaga cinta agar tetap utuh yang paling tepat. Alangkah baiknya anda memiliki ruangan khusus untuk menempatkan galeri kenangan anda dan pasangan. Bisa berupa video, foto, hadiah pernikahan, benda kesayangan dan semua hal yang berkaitan dengan kenangan cinta anda pada pasangan.

Ajak pasangan ke tempat pertama kali bertemu. Hal ini tentu sangat berguna bagi anda dan pasangan apabila sudah memasuki masa senja. Mengingat semua kisah cinta dahulu dapat menambah rasa sayang di seiring bertambahnya usia.

Praktikkan semua cara menjaga cinta agar tetap utuh ini anda jalankan dengan baik. Dengan begitu, cinta akan selamanya tetap awet. Initnya, kedua belah pihak pasangan tetap menyayangi satu sama lain. Bukan salah satunya.