Restart HP Oppo Tanpa Tombol Power, Kamu Harus Tahu

MyTV.co.id HP Oppo merupakan salah satu jenis smartphone yang banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. Namun, seringkali pengguna mengalami kendala ketika tombol power pada HP Oppo mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan baik. Hal ini tentunya membuat pengguna kesulitan dalam mengatur ulang atau merestart smartphone mereka. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk merestart HP Oppo tanpa menggunakan tombol power. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda langkah demi langkah dalam melakukan restart HP Oppo tanpa tombol power.

Menggunakan Pengaturan Sistem

Jika tombol power pada HP Oppo Anda mengalami kerusakan, Anda masih dapat merestart smartphone Anda melalui pengaturan sistem. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Langkah 1: Buka “Pengaturan” pada HP Oppo Anda. Anda dapat menemukan ikon pengaturan biasanya berada di layar beranda atau dalam folder aplikasi.
  2. Langkah 2: Gulir ke bawah dan cari opsi “Pengaturan Tambahan”. Ketuk opsi tersebut untuk melanjutkan.
  3. Langkah 3: Di bawah opsi “Pengaturan Tambahan”, Anda akan menemukan pilihan “Shutdown & Restart”. Ketuk opsi ini.
  4. Langkah 4: Setelah Anda mengetuk pilihan tersebut, akan muncul menu baru. Di sini, Anda akan melihat dua opsi, yaitu “Restart” dan “Shutdown”. Pilih opsi “Restart” untuk merestart HP Oppo Anda.
  5. Langkah 5: Tunggu beberapa saat hingga HP Oppo Anda merestart secara otomatis.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat merestart HP Oppo Anda tanpa menggunakan tombol power dengan mudah dan cepat melalui pengaturan sistem.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika tombol power pada HP Oppo Anda mengalami kerusakan parah atau tidak berfungsi sama sekali, Anda masih dapat merestart smartphone Anda dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Langkah 1: Buka “Play Store” atau “App Store” di HP Oppo Anda.
  2. Langkah 2: Di kolom pencarian, ketik “Restart HP” atau “Shutdown & Restart”. Kemudian, tekan tombol “Cari” untuk melanjutkan.
  3. Langkah 3: Anda akan melihat daftar aplikasi yang berkaitan dengan restart HP. Pilih salah satu aplikasi yang memiliki rating dan ulasan yang baik.
  4. Langkah 4: Unduh dan pasang aplikasi yang Anda pilih.
  5. Langkah 5: Buka aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan. Biasanya, Anda akan menemukan opsi “Restart” di dalam aplikasi tersebut. Pilih opsi tersebut untuk merestart HP Oppo Anda.
  6. Langkah 6: Tunggu beberapa saat hingga HP Oppo Anda merestart secara otomatis.
Baca Juga  Cara Unreg Kartu XL

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat merestart HP Oppo Anda tanpa menggunakan tombol power dengan mudah dan praktis.

Menggunakan Fastboot Mode

Jika HP Oppo Anda tidak merespons sama sekali atau mengalami masalah yang lebih serius, Anda dapat mencoba merestart HP Oppo melalui Fastboot Mode. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Langkah 1: Pastikan HP Oppo Anda dalam keadaan mati. Buka penutup belakang HP Oppo dan lepaskan baterainya. Tunggu sekitar 10 detik.
  2. Langkah 2: Setelah itu, tahan tombol volume atas dan volume bawah secara bersamaan. Sambil menahan kedua tombol tersebut, sambungkan HP Oppo Anda ke komputer menggunakan kabel USB.
  3. Langkah 3: Tunggu beberapa saat hingga Fastboot Mode muncul di layar HP Oppo Anda.
  4. Langkah 4: Di dalam Fastboot Mode, Anda dapat menggunakan tombol volume atas dan volume bawah untuk menavigasi menu. Carilah opsi “Restart” atau “Reboot” dan pilih opsi tersebut dengan menekan tombol power atau tombol volume atas.
  5. Langkah 5: Setelah dipilih, tunggu beberapa saat hingga HP Oppo Anda merestart secara otomatis.

Dengan menggunakan Fastboot Mode, Anda dapat merestart HP Oppo Anda tanpa menggunakan tombol power meskipun HP Anda mengalami masalah yang lebih serius.

Menggunakan Aplikasi Pengaturan Cepat

Jika Anda ingin merestart HP Oppo Anda dengan cepat dan mudah, Anda dapat menggunakan aplikasi pengaturan cepat yang biasanya sudah ada di smartphone Anda. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Langkah 1: Geser layar ke bawah untuk membuka “Pengaturan Cepat” di HP Oppo Anda.
  2. Langkah 2: Biasanya, Anda akan melihat ikon-ikon pengaturan seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan lain sebagainya. Cari ikon yang menunjukkan opsi restart, biasanya berbentuk lingkaran dengan anak panah berputar di dalamnya.
  3. Langkah 3: Ketuk ikon restart tersebut untuk merestart HP Oppo Anda.
  4. Langkah 4: Tunggu beberapa saat hingga HP Oppo Anda merestart secara otomatis.
Baca Juga  Cara Membuat Desinfektan dari Wipol

Dengan menggunakan aplikasi pengaturan cepat, Anda dapat merestart HP Oppo Anda dengan cepat dan mudah tanpa perlu menggunakan tombol power.

FAQ

1. Bagaimana cara merestart HP Oppo jika tombol power rusak?

Jawab: Anda dapat menggunakan pengaturan sistem, aplikasi pihak ketiga, Fastboot Mode, atau aplikasi pengaturan cepat untuk merestart HP Oppo tanpa tombol power.

2. Apakah menghidupkan ulang HP Oppo tanpa tombol power aman?

Jawab: Ya, menghidupkan ulang HP Oppo tanpa tombol power menggunakan metode yang tepat aman dilakukan. Namun, pastikan Anda mengikuti petunjuk dengan benar untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada smartphone.

3. Apakah langkah-langkah ini berlaku untuk semua jenis HP Oppo?

Jawab: Ya, langkah-langkah dalam artikel ini dapat digunakan untuk semua jenis HP Oppo.

4. Dapatkah saya menggunakan metode ini jika HP Oppo saya mati total?

Jawab: Jika HP Oppo Anda mati total dan tidak merespons sama sekali, sebaiknya segera membawanya ke pusat layanan resmi untuk diperbaiki.

5. Bisakah tombol power HP Oppo diperbaiki?

Jawab: Ya, tombol power HP Oppo umumnya dapat diperbaiki oleh teknisi ahli di pusat layanan resmi. Anda dapat membawanya ke sana untuk diperiksa dan diperbaiki.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membagikan empat metode yang dapat Anda gunakan untuk merestart HP Oppo tanpa menggunakan tombol power. Anda dapat melakukannya melalui pengaturan sistem, menggunakan aplikasi pihak ketiga, Fastboot Mode, atau aplikasi pengaturan cepat. Semua langkah-langkah tersebut cukup mudah diikuti, bahkan oleh pemula sekalipun. Jangan biarkan tombol power yang rusak menghalangi Anda untuk mengatur ulang atau merestart HP Oppo Anda. Dengan mengikuti metode yang tepat, Anda dapat dengan mudah merestart HP Oppo Anda tanpa menggunakan tombol power. Cobalah salah satu metode yang telah kami berikan dan selamat mencoba!