5 Fakta Menarik Dari Nonton Film Transformer

Kamu pasti udah tau dong film yang satu ini? Film yang menceritakan tentang robot-robot raksasa dari planet Cybertron yang bisa berubah bentuk menjadi kendaraan atau benda-benda lainnya. Film ini punya banyak sekuel dan spin-off yang selalu bikin penonton terpesona dengan aksi-aksi seru dan efek visual yang keren banget.

Tapi, tahukah kamu bahwa di balik film Transformer, ada banyak fakta-fakta menarik yang mungkin belum kamu ketahui? Fakta-fakta ini bisa membuat kamu makin kagum dengan film Transformer dan mengerti lebih dalam tentang cerita dan karakter-karakternya. Penasaran apa aja fakta-fakta menarik dari nonton film Transformer? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Film Transformer Pertama Kali Dibuat Berdasarkan Mainan

Film Transformer pertama kali dirilis pada tahun 2007, tapi sebenarnya ide untuk membuat film ini sudah ada sejak tahun 1980-an. Saat itu, perusahaan mainan Hasbro membeli lisensi dari perusahaan mainan Jepang Takara untuk memproduksi mainan robot yang bisa berubah bentuk menjadi kendaraan atau benda-benda lainnya. Mainan ini kemudian diberi nama Transformers dan menjadi sangat populer di Amerika Serikat.

Untuk mempromosikan mainan Transformers, Hasbro bekerja sama dengan Marvel Comics untuk membuat komik dan serial animasi yang menceritakan tentang dua kelompok robot dari planet Cybertron, yaitu Autobots yang dipimpin oleh Optimus Prime dan Decepticons yang dipimpin oleh Megatron. Komik dan serial animasi ini pun sukses besar dan menciptakan banyak penggemar setia Transformers.

Film Transformer Pertama Kali Dibuat Berdasarkan Mainan

Pada tahun 1986, Hasbro dan Marvel Comics merilis film animasi pertama Transformers dengan judul The Transformers: The Movie. Film ini mengisahkan tentang pertempuran antara Autobots dan Decepticons di Bumi dan Cybertron, serta kematian Optimus Prime yang mengguncang para penggemarnya. Film ini juga memperkenalkan karakter baru seperti Rodimus Prime, Galvatron, Unicron, dan lain-lain.

Namun, baru pada tahun 2003, ide untuk membuat film live-action Transformers mulai muncul. Produser Don Murphy dan Tom DeSanto mendapatkan hak untuk mengadaptasi Transformers ke layar lebar dan bekerja sama dengan sutradara Steven Spielberg dan Michael Bay untuk mewujudkannya.

Baca Juga  Nonton Kimetsu No Yaiba Mugen Train Full Movie Online

2. Film Transformer Menggunakan Teknologi CGI Yang Canggih

Salah satu hal yang membuat film Transformer sangat menarik adalah penggunaan teknologi CGI (Computer Generated Imagery) yang canggih untuk menciptakan robot-robot raksasa yang realistis dan detail. Teknologi CGI adalah teknologi yang memungkinkan untuk membuat gambar atau animasi komputer yang bisa disisipkan ke dalam gambar atau video nyata.

Selain itu, tim CGI juga harus memperhatikan aspek fisika, seperti gerakan, cahaya, bayangan, refleksi, debu, api, ledakan, dan lain-lain. Semua ini harus dilakukan dengan akurat agar robot-robot Transformer terlihat hidup dan sesuai dengan lingkungan sekitarnya.

Untuk membuat film Transformer pertama pada tahun 2007, tim CGI membutuhkan waktu sekitar 38 jam untuk membuat satu frame atau gambar dari robot Transformer. Jika dikalikan dengan 24 frame per detik, maka dibutuhkan waktu sekitar 912 jam atau 38 hari untuk membuat satu detik dari robot Transformer. Bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat film Transformer yang berdurasi sekitar dua jam!

Film Transformer Menggunakan Teknologi CGI Yang Canggih

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, tim CGI bisa mempercepat proses pembuatan robot-robot Transformer. Meski begitu, film ini tetap menjadi film Transformer dengan jumlah robot terbanyak, yaitu sekitar 45 robot4.

3. Film Transformer Mengambil Lokasi Syuting Di Berbagai Negara

Film Transformer tidak hanya mengambil lokasi syuting di Amerika Serikat, tapi juga di berbagai negara lainnya. Hal ini dilakukan untuk menambah variasi dan kekayaan cerita, serta untuk menarik perhatian penonton dari berbagai belahan dunia.

Untuk film Transformer pertama pada tahun 2007, lokasi syuting utamanya adalah di Los Angeles, California. Namun, ada juga beberapa adegan yang diambil di Hoover Dam, Nevada; White Sands Missile Range, New Mexico; Holloman Air Force Base, New Mexico; dan Edwards Air Force Base, California.

Baca Juga  True Beauty Sub Indo, Drama Korea Populer yang Menghipnotis Para Pecinta K-Drama

Untuk film Transformer kedua, yaitu Transformers: Revenge of the Fallen yang dirilis pada tahun 2009, lokasi syutingnya lebih beragam. Selain di Amerika Serikat, ada juga adegan yang diambil di Paris, Prancis; Petra, Yordania; Giza dan Luxor, Mesir; Shanghai dan Beijing, Cina; dan Tucson, Arizona.

Untuk film Transformer ketiga, yaitu Transformers: Dark of the Moon yang dirilis pada tahun 2011, lokasi syutingnya juga bervariasi. Selain di Amerika Serikat, ada juga adegan yang diambil di Moskow, Rusia; Chernobyl, Ukraina; Chicago, Illinois; Milwaukee, Wisconsin; Washington D.C.; Florida; dan Texas.

Untuk film Transformer keempat, yaitu Transformers: Age of Extinction yang dirilis pada tahun 2014, lokasi syutingnya lebih banyak di Cina. Hal ini karena film ini bekerja sama dengan perusahaan film Cina dan ingin menargetkan pasar Cina yang besar. Selain di Cina, ada juga adegan yang diambil di Detroit, Michigan; Chicago, Illinois; Austin, Texas; Hong Kong; dan Valley of Fire State Park, Nevada.

Selain di Amerika Serikat dan Cina, ada juga adegan yang diambil di Inggris; Skotlandia; Norwegia; Islandia; Kuba; Prancis; Jerman; dan Namibia.

4. Film Transformer Memiliki Banyak Cameo Dari Aktor Terkenal

Film Transformer tidak hanya menampilkan aktor-aktor utama yang berperan sebagai manusia atau pengisi suara robot-robot Transformer, tapi juga memiliki banyak cameo atau penampilan singkat dari aktor dan tokoh terkenal lainnya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Di film Transformer pertama pada tahun 2007, ada cameo dari Bernie Mac, seorang komedian dan aktor yang berperan sebagai Bobby Bolivia. Seorang penjual mobil bekas yang menjual Bumblebee kepada Sam Witwicky. Sayangnya, Bernie Mac meninggal dunia pada tahun 2008 karena komplikasi pneumonia.
  • Di film Transformer kedua pada tahun 2009, ada cameo dari Rainn Wilson. Seorang aktor yang terkenal karena perannya sebagai Dwight Schrute di serial komedi The Office.
  • Di film Transformer ketiga pada tahun 2011, ada cameo dari Buzz Aldrin. Seorang astronaut yang merupakan orang kedua yang menginjakkan kaki di bulan pada tahun 1969.
  • Di film Transformer keempat pada tahun 2014, ada cameo dari Stanley Tucci. Seorang aktor yang pernah bermain di film The Hunger Games dan The Devil Wears Prada.
Baca Juga  Cara Nonton Film di LK21: Menikmati Hiburan Film dengan Mudah dan Praktis

Film Transformer Memiliki Banyak Cameo Dari Aktor Terkenal

5. Film Transformer Memiliki Banyak Penghargaan

Tidak hanya sukses secara komersial, tapi juga sukses secara kritik. Film ini telah memenangkan banyak penghargaan dan mencetak banyak rekor di dunia perfilman. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Film Transformer pertama pada tahun 2007 memenangkan tiga penghargaan dari Academy Awards atau Oscar. Yaitu untuk kategori Best Sound Editing, Best Sound Mixing, dan Best Visual Effects.
  • Film Transformer kedua pada tahun 2009 memecahkan rekor sebagai film dengan pendapatan terbesar di hari pertama penayangan di Amerika Serikat. Yaitu sebesar 62 juta dolar AS.
  • Film Transformer ketiga pada tahun 2011 memecahkan rekor sebagai film dengan pendapatan terbesar di hari Selasa di Amerika Serikat. Yaitu sebesar 37,7 juta dolar AS.
  • Film Transformer keempat pada tahun 2014 memecahkan rekor sebagai film dengan pendapatan terbesar di Cina. Yaitu sebesar 320 juta dolar AS.

Nah, itu dia tujuh fakta-fakta menarik dari nonton film Transformer yang bikin kamu makin kagum. Gimana? Kamu jadi makin pengen nonton film Transformer lagi nggak? Atau kamu malah jadi penasaran dengan fakta-fakta lainnya yang belum disebutkan di sini? Kalau begitu, yuk langsung cari tahu sendiri dengan nonton film Transformer dari awal sampai akhir!